DNS Changer

Image

Belakangan ini heboh dengan adanya isu virus Trojan DNS Changer yang akan kacaukan jaringan internet pada 9 Juli 2012. Benarkah? Semoga tidak.

Sebenarnya apa itu DNS Changer?

DNS (Domain Name System) adalah suatu sistem yang memudahkan pengguna internet dalam mengakses situs-situs dengan menggunakan domain nama tertentu yang mudah diingat. Ketika hendak mengakses suatu situs melalui browser, komputer akan berinteraksi dengan DNS Server yang kemudian akan menentukan dengan alamat IP mana alamat situs tersebut terhubung. Dari situlah, komputer akan berinteraksi dengan IP yang bersangkutan sehingga memungkinkan terjadinya tukar-menukar informasi. DNS Server dioperasikan oleh Internet Service Provider (ISP).

Lalu bagaimana DNS Changer bekerja?

DNS Changer akan membuat DNS Server tipuan yang akan mengambil alih kegiatan internet kita. Internet akan menjadi kacau. Bisa saja situs yang terbuka bukanlah situs yang dituju sebenarnya. Awalnya virus ini akan menyusup ke dalam komputer ketika user sedang mengakses situs tertentu atau mengunduh software viewer video online yang disisipi script tertentu. DNS Changer tidak bertujuan untuk mencuri atau merusak data pada komputer seperti kebanyakan virus lainnya tapi hanya mengacaukan konfigurasi DNS komputer. Setelah masuk ke komputer sasaran, DNS Changer akan mengubah konfigurasi DNS komputer dan mengalihkannya ke DNS Server tipuan yang telah dibuat. Alhasil, koneksi internet Anda akan kacau.

Penasaran apakah komputer Anda terjangkit virus ini? Cara termudah untuk mengeceknya adalah dengan mengunjungi http://www.dns-ok.us/. Jika yang muncul adalah logo bertuliskan IP dengan warna domain hijau, berarti komputer Anda aman dari serangan virus ini. Namun jika warna domain yang muncul adalah merah, bersiap-siaplah untuk melawan virus ini karena komputer Anda telah diserang. Segera hubungi ISP untuk memperbaiki DNS Server dan jangan lupa update antivirus Anda.

Oleh: Febriana Wulan Sari

Referensi:

http://ciricara.com/2012/07/06/inilah-cara-kerja-dns-changer-penyebab-kiamat-internet/

http://tekno.liputan6.com/read/418863/waspada-virus-ltemgttrojan-dns-changerlt-emgt-kacaukan-internet

http://www.nafirifm.net/index.php?option=com_content&view=article&id=1405:duh-ganasnya-virus-dnschanger&catid=8:myblog&Itemid=2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s