Aplikasi untuk Mengantisipasi Bom, Gas Beracun, dan Ancaman Lainnya

Image

Aplikasi  yang diberi nama FIRST (First Responder Support Tools) ini dikembangkan oleh The U.S. Department of Homeland Security’s (DHS). Aplikasi ini dapat digunakan di komputer ataupun smartphone. Tidak hanya dapat mendeteksi keberadaan bom, gas beracun, ataupun hal yang tidak diinginkan lainnya, aplikasi ini juga akan memberi informasi kepada pengguna mengenai tempat mana yang aman dari ancaman tersebut. Selain itu pengguna juga dapat mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasi ancaman tersebut.

Aplikasi FIRST ini menggunakan bantuan google map untuk mengetahui daerah di sekitar pengguna tersebut. Jadi sebelumnya si pengguna harus terlebih dahulu memasukan data lokasi dan data lainnya yang diperlukan aplikasi ini. Setelah itu baru aplikasi ini dapat memberitahu bagaimana antisipasi ancaman. Yang lebih hebatnya lagi, aplikasi ini juga dapat memberitahu polisi jalan mana saja yang seharusnya di blokir untuk mengamankan daerah di sekitar ancaman tersebut.

Jika si pengguna dapat mengenali jenis bom ataupun gas beracun yang ada, maka FIRST dapat memberitahu efek apa saja yang dapat ditimbulkan dari ledakan bom ataupun gas beracun tersebut. Informasi yang diberikan dijamin keakuratanya, karena berdasarkan Emergency Response Guidebook (ERG) yang berisi informasi lebih dari 3000 jenis material berbahaya.  Agar mudah digunakan, aplikasi FIRST ini menggunakan layanan yang sudah tersedia di smartphone dan familiar di masyarakat. Selain Google Maps yang sudah dijelaskan tadi, aplikasi ini juga menggunakan data email, telepon, Google Search, dan cuaca, serta road network.

Aplikasi FiRST ini tersedia untuk iPhone dan iPad, Android, and Window PC dan dimiliki dengan biaya US$ 10 baik untuk iOS maupun Android, sedangkan versi Desktop dijual seharga US$ 100.

Sumber gambar:

http://www.beritateknologi.com/first-aplikasi-untuk-mengantisipasi-ancaman-bom-gas-beracun-dan-bencana-lainnya/

Sumber berita:

http://www.dhs.gov/files/programs/st-smartphone-app-bomb-threats.shtm

http://www.beritateknologi.com/first-aplikasi-untuk-mengantisipasi-ancaman-bom-gas-beracun-dan-bencana-lainnya/

oleh Nurlaili Fajriyah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s