MALware (6)

Oleh : Rifai Yukishiro

WORM

Program jaringan worm menggunakan koneksi jaringan dari sistem ke sistem. Sekali aktif dalam sistem, worm jaringan dapat berlaku sebagai virus komputer atau bakteri atau dapat mencangkok program trojan horse atau melakukan sejumlah kerusakan.

Untuk mereplikasikan dirinya, worm network menggunakan media seperti :

  • Fasilitas e-mail, surat worm mereplikasikan dirinya sendiri ke sistem lainnya.
  • Kemampuan untuk mengeksekusi terpisah, worm mengeksekusi dirinya dalam sistem lainnya.
  • Kemampuan untuk log on terpisah, worm masuk dalam sistem yang terpisah sebagai user dan menggunakan perintah untuk mereplikasikan dirinya sendiri dari satu sistem ke lainnya.

Copy baru dari worm kemudian berjalan dalam sistem terpisah, sebagai tambahan untuk fungsi lainnya yang melakukan dalam sistem itu, menyebar dalam bentuk yang sama.

Worm jaringan berlaku dalam karakteristik yang sama sebagai virus komputer, fase dormant, fase pembesaran, fase pencetusan, dan fase eksekusi. Fase pembesaran umumnya melakukan fungsi berikut :

  1. Pencarian dari sistem lainnya untuk menginfeksi dengan memeriksa tabel induk atau penyimpanan dari alamat sistem terpisah.
  2. Membentuk koneksi dengan sistem terpisah.
  3. Mereplikasikan dirinya sendiri untuk sistem terpisah dan mengakibatkan copy berjalan.

Jaringan worm dapat juga berupaya untuk menentukan apakah sistem yang sebelumnya telah terinfeksi sebelum mengcopy dirinya  sendiri ke sistem. Dalam sistem multiprogramming juga memerankan kehadiran dengan penamaan dirinya sendiri sebagai sistem proses atau menggunakan nama lain yang tidak dapat dinyatakan oleh operator sistem.

Sebagaimana dengan virus, worm jaringan sulit untuk dicegah. Namun, baik untuk keamanan jaringan dan pengukuran dari keamanan sistem tunggal, jika secara benar didesain dan diimplementasikan, meminimalisasi penyerangan dari worm.

 

Referensi :

– Sistem Operasi jilid 2 edisi 4 (William Stallings)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s