MALware (1)

Oleh : Rifai Yukishiro

Mungkin tipe yang paling berbahaya untuk sistem komputer dinyatakan dalam program yang mengeksploitasi kerentanan dalam sistem komputasi. Dalam konteks ini, kita memerhatikan dengan program aplikasi sebagaimana halnya dengan program utilitas, seperti editor dan kompiler. Istilah generik untuk penyerangan demikian adalah software malicious atau malware.

Malware merupakan software yang didesain untuk mengakibatkan kerusakan atau untuk menggunakan seluruh sumber daya komputer target. Dalam beberapa kasus, akan menebarkan dirinya ke dalam komputer lainnya melalui internet atau media portable.

Gambar dibawah menyediakan taksonomi keseluruhan dari software malicious.

path3241-3-3

Penyerangan ini dapat dibagi menjadi 2 kategori: yang membutuhkan sebuah program induk dan yang independen. Bentuk fragmen yang esensial dari program yang tidak dapat muncul secara independen dari beberapa program aplikasi yang sederhana, utilitas atau sistem program. Berikutnya adalah program yang terkandung dengan sendirinya yang dapat dijadwalkan atau dijalankan oleh sistem operasi.

Kita juga dapat membedakan di antara software yang menyerang dengan tidak melakukan relokasi dan yang melakukan. Sebelumnya adalah fragmen dari program yang diaktifkan ketika program induk dimintakan untuk melakukan fungsi tertentu. Berikutnya mengandung fragmen program (virus) atau program independen (worm, bacterium) yang ketika dieksekusi, dapat menghasilkan satu atau lebih copy yang dengan sendirinya diaktifkan berikutnya dalam sistem yang sama atau dalam sistem lainnya.

Walaupun taksonomi dalam gambar diatas bermanfaat dalam mengorganisasikan informasi yang kita bahas, tidak dalam keseluruhan gambar. Secara khusus, logic bomb atau trojan horse dapat menjadi bagian dari virus atau worm.

 

Referensi

– Sistem Operasi jilid 2 edisi 4 (William Stallings)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s