RAID (part6)

(Oleh : Rifai Yukishiro)

image

(Image : http://www.acnc.com/raidedu/4)

Berikutnya adalah RAID tingkat 4

RAID tingkat 4 sampai tingkat 6 membuat penggunaan sebuah teknik akses independen. Dalam sebuah array akses independen, masing-masing anggota dari disket beroperasi secara independen sehingga permintaan I/O terpisah dapat dipenuhi secara paralel. Oleh karena itu, array akses independen lebih sesuai untuk aplikasi yang membutuhkan permintaan tingkat I/O yang tinggi dan relatif sesuai untuk aplikasi yang membutuhkan tingkat transfer data yang tinggi.

Sebagaimana dengan skema RAID, potongan data digunakan. Dalam kasus RAID 4 sampai 6, potongan relatif besar. Dengan RAID 4 sebuah potongan paritas bit ke bit dihitung melalui potongan untuk masing-masing disket data, dan paritas bit disimpan dalam potongan yang berhubungan dalam paritas disket.

RAID 4 terlibat dalam sebuah penalti tulis ketika sebuah permintaan tulis I/O dari ukuran yang kecil dilakukan. Setiap waktu sebuah tulis terjadi, software manajemen array harus mengupdate tidak hanya user data namun juga paritas bit yang berhubungan. Misal sebuah array lima drive dari X0 sampai X3 yang mengandung data dan  X4 dari paritas disket. Misalkan sebuah tulis dilakukan hanya melibatkan sebuah potongan dari disket X1. Awalnya, untuk masing-masing dari bit i, kita memiliki hubungan berikut :

X4(i) = X3(i) ⊕ X2(i) ⊕ X1(i) ⊕ X0(i)

Setelah update secara potensial bit yang digabungkan

X4’(i) = X3(i) ⊕ X2(i) ⊕ X1’(i) ⊕ X0(i)

        = X3(i) ⊕ X2(i) ⊕ X1’(‘i) ⊕ X0(i) ⊕ X1(i) ⊕ X1(i) 

        = X4(i) ⊕ X1(i) ⊕ X1’(i) 

Untuk menghitung paritas baru, software manajemen array harus dibaca dari potongan user tua dan potongan user tua. Oleh karena itu, dapat diupdate dua potongan ini dengan data baru dan paritas baru yang dihitung, masing-masing potongan yang terlibat dalam dua baca dan dua tulis.

Dalam kasus mana saja, setiap operasi tulis yang harus terlibat dalam paritas disket, maka terjadi sebuah antrean.

(Selanjutnya Raid 5)

Referensi

Sistem operasi jilid 2 edisi 4 (William Stallings)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s