RAID (part 4)

Oleh : Rifai Yukishiro

Sekarang kita beralih ke RAID tingkat 2

raid2

RAID tingkat 2 dan 3 membuat penggunaan teknik akses paralel. Dalam sebuah akses array paralel, seluruh anggota disket berpartisipasi dalam eksekusi untuk setiap permintaan I/O. Umumnya, individual drive disinkronisasikan sedemikian sehingga masing-masing kepala disket berada dalam posisi yang sama dalam masing-masing disket dalam waktu yang diberikan.

Sebagaimana dengan skema RAID lainnya, potongan data digunakan. Dalam kasus RAID 2 dan 3, potongan menjadi sangat kecil sering kali sekecil dari sebuah byte tunggal atau word. Dengan RAID 2 sebuah kode perbaikan error dihitung melalui bit yang berhubungan dalam masing-masing dari data disket dan bit dari kode yang disimpan dalam posisi bit yang berhubungan dengan paritas disket multiple. Umumnya, sebuah Hamming Code yang digunakan mampu memperbaiki kesalahan bit tunggal dan mendeteksi kesalahan bit ganda.

Walaupun RAID 2 membutuhkan disket yang lebih sedikit dibandingkan dengan RAID 1, tetap lebih mahal. Jumlah dari disket berulang adalah proporsional ke sejumlah log data disket. Dalam sebuah baca tunggal, seluruh disket secara simultan diakses. Data yang dimintakan dan diasosiasikan dengan kode perbaikan kesalahan dikirimkan ke pengontrol array. Jika terdapat sebuah kesalahan tunggal bit, pengontrol dapat mengenali dan memperbaiki kesalahan secara instan, sedemikian sehingga waktu akses baca tidak diperlambat. Dalam sebuah tunggal tulis, seluruh data disket dan paritas disket harus diakses untuk operasi tulis.

RAID 2 hanya akan efektif jika pemilihan diberikan dalam lingkungan dimana kesalahan disket terjadi. Diberikan sebuah reliabilitas yang tinggi dari disket individual drive disket, RAID lalu melalukan overkill dan tidak diimplementasikan.

Selanjutnya RAID 3 ..

Referensi :

– Sistem Operasi Jilid 2 Edisi 4 (Wiliam Stallings)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s