Robot Molekuler Pembunuh Sel Kanker

Oleh: Nurlaili Fajriyah

Image

Jika berbicara tentang robot, mungkin yang terbayang di pikiran kalian adalah Asimo, robot menyerupai astronot yang dibuat oleh Honda, atau Roomba yang dapat membersihkan rumah tanpa diperintah. Atau mungkin kalian hanya mengetahui robot-robot di film Transformer dan Wall-E? Robot-robot di atas merupakan robot-robot berukuran besar yang dapat dilihat oleh manusia. Nah, ternyata kini para ilmuwan telah mengembangkan robot-robot dengan ukuran mini, atau yang disebut robot molekuler atau mikroskopis.

Para ilmuwan dari Columbia University, Arizona State University, University of Michigan, dan Institut Teknologi California (Caltech) telah menciptakan robot dengan ukuran  4 nanometer atau kurang lebih 100.000 kali lebih kecil jika dibandingkan dengan rambut manusia. Robot ini memiliki empat kaki yang dapat bergerak, berbalik dan berhenti. Robot-robot itu juga bisa menciptakan produk-produk kecil mereka sendiri di jalur perakitan berskala nano.

Robot molekuler ini merupakan sebuah mesin sub mikroskopsis molekuler yang terbuat dari DNA sintesis, terdiri dari protein yang biasa disebut streptavidin.

Pada ketiga kakinya melekat enzimatik DNA untai tunggal yang mengikat dan kaki keempatnya adalah untaian yang membawa robot tersebut ke titik awal. Molecular nanobot atau yang disebut spider ini berjalan sesuai dengan untaian DNA di dalam tubuh manusia. Menurut Milan Stojanovic selaku ketua tim proyek, setelah robot tersebut dilepaskan dari pemicu, ia akan mengikat dan kemudian memotong untaian DNA. Setelah untaian dipotong, kaki robot mulai meraih jalur dan mencocokan DNA. Dengan ini, robot dipandu ke jalur yang ditetapkan oleh peneliti.

Image

Karena ukurannya yang sangat kecil, diperlukan mikroskop kekuatan atom untuk melihat robot tersebut bergerak. Robot ini diprogram untuk dapat mencatat tanda-tanda penyakit pada permukaan sel, menentukan sel itu adalah kanker, menghancurkan sel kanker bahkan robot itu bisa memberikan senyawa untuk membunuhnya. Menurut Lloyd Smith dari University of Wisconsin, Madison, ini pertama kalinya sistem mesin nano digunakan untuk melakukan operasi. Sebuah kemajuan penting dalam evolusi teknologi DNA.

 

Referensi:

Kate Melville, Molecular “robot” built from DNA

http://www.scienceagogo.com/news/20100413002250data_trunc_sys.shtml

Alla Katsnelson, DNA robot could kill cancer cells

http://www.nature.com/news/dna-robot-could-kill-cancer-cells-1.10047

http://www.apakabardunia.com/2011/06/nano-spider-robot-dna-penghancur-kanker.html (gambar)

One thought on “Robot Molekuler Pembunuh Sel Kanker

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s