RAID (part2)

Oleh : Rifai Yukishiro

Sekarang kita masuk tingkat RAID yang pertama yaitu RAID Tingkat 0

image

(Image : http://www.prepressure.com/library/technology/raid)

Dalam Raid 0, user dan data sistem didistribusikan terhadap seluruh disket dalam array. Ini memiliki keunggulan penting terhadap penggunaan dari disket besar tunggal. Jika dari dua permintaan I/O yang ditunda untuk dua blok data, maka terdapat kesempatan baik yang memintakan blok dalam disket yang berbeda, dua permintaan dapat dikeluarkan secara paralael mengurangi waktu antrian I/O.

Namun RAID 0, sebagaimana dengan seluruh tingkat RAID, menuju lebih jauh dibandingkan dengan hanya mendistribusikan data terhadap sebuah array disket. Data-data dipotong dalam disket yang tersedia. Ini merupakan pemahaman yang baik dengan melihat gambar diatas. Seluruh user dan sistem data yang ditampilkan disimpan dalam sebuah disket logika. Disket dibagi menjadi potongan-potongan, potongan ini mungkin blok fisik, sektor atau beberapa unit lainnya. Potongan ini dipetakan dalam round robin untuk anggota array yang bersesuaian. Sekumpulan deretan potongan secara logika dipetakan tepatnya satu potong dalam masing-masing anggota array yang direferensikan sebagai sebuah potongan. Dalam sebuah array disket, potongan logika pertama secara fisik disimpan dalam potongan pertama dalam masing-masing N disket, membentuk potongan pertama, n potongan kedua yang didistribusikan sebagai potongan kedua dalam masing-masing, dan seterusnya. Keunggulan dari layout ini bahwa sebuah permintaan I/O tunggal mengandung sebuah potongan kontinu logika multiple, yang kemudian sampai n potongan untuk permintaan yang ditangani dalam paralel dan dengan signifikan mengurangi waktu transfer I/O.

RAID 0 untuk Kapasitas Transfer Data Tinggi

Kinerja dari tingkat RAID bergantung secara kritis dalam bentuk permintaan sistem induk dan untuk layout data. Isu ini dapat dengan jelas dialamatkan dalam RAID 0, ketika pengaruh dari redudansi tidak mengintervensi dengan analisis. Pertama, mari kita melihat pengguna RAID 0 untuk mendapatkan sebuah transfer data tinggi untuk suatu aplikasi, dua persyaratan ayng harus dipenuhi, pertama, sebuah tingkat transfer dengan kapasitas tinggi harus ada diantara seluruh jalur di antara memori induk dan drive disket individual. Ini termasuk bus kontrol internal, sistem induk I/O.

Persyaratan kedua adalah aplikasi harus membuat permintaaan I/O yang diberi disket array dengan efisien. Persyaratan ini dipenuhi jika permintaan tertentu untuk jumlah yang besar dari data kontinu logika, dibandingkan dengan ukuran dari potongan. Dalam kasus ini permintaan I/O tunggal terlibat dalam sebuah transfer data paralel multiple disket guna meningkatkan tingkat transfer efektif sebuah transfer disket tunggal.

RAID 0 untuk Tingkat Peminat I/O Tinggi

Dalam sebuah lingkungan berorientasi transaksi, user umumnya lebih memperhatikan waktu tanggap dibandingkan dengan tingkat transfer. Sebuah permintaan I/O tunggal untuk sejumlah kecil data, waktu I/O didominasi pergerakan dari kepala disket (seek time) dan pergerakan dari disket (rotational latency).

Dalam sebuah lingkungan transaksi terdapat kemungkinan ratusan permintaan I/O setiap detik. Sebuah array disket dapat menyediakan sebuah tingkat eksekusi I/O tinggi dengan menyeimbangkan bebasnya I/O terhadap multiple disket. Penyeimbangan beban efektif dicapai hanya jika terdapat sebuah permintaan I/O yang berlebih. Ini, mengakibatkan terdapat multiple aplikasi yang indepeden atau sebuah aplikasi berorientasi transaksi tunggal yang mampu untuk mensinkronisasikan permintaan multiple I/O. Kinerja juga dipengaruhi ukuran potongan. Jika ukuran potongan relatif besar, maka sebuah permintaan I/O tunggal melibatkan sebuah akses disket tunggal, maka permintaan I/O multiple dapat ditangani secara paralel dengan mengurangi waktu antrian untuk masing-masing permintaan.

Selanjutnya… (RAID tingkat 1)

Referensi :

Sistem Operasi Jilid 2 Edisi Keempat (William Stallings)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s