SX Index – Aplikasi yang Dapat Mengukur Sentimen Suatu Tweet

Oleh : Adrian N.

Image

Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa Indonesia merupakan negara dengan pengguna media sosial yang selalu aktif setiap waktu. Setiap hari, jutaan orang di Indonesia mengakses jejaring sosial sekadar untuk melihat update status baru, tweets baru, memberi komentar, dan banyak hal lain dilakukan di dunia pertemanan maya ini. Hujan informasi dari berbagai social network seperti Facebook, Twitter, Youtube, dll sangat mudah untuk kita peroleh setiap harinya. Bahkan, informasi yang kita dapat saat ini, tidak lagi hanya informasi yang mengenai orang-orang penting di dunia, namun informasi yang dialami oleh seorang rakyat biasa yang sedang mengalami kegalauan pun dapat kita peroleh dari social network tersebut.

SalingSilang sebagai suatu aplikasi web-based yang mampu menjaring percakapan, khususnya di Twitter, memberikan suatu inovasi baru dalam kontribusinya di social media. Inovasi tersebut adalah dengan membuat suatu aplikasi yang dapat mengukur sentimen dari suatu tweet.

SX Index dapat mengukur sentimen suatu tweet terhadap suatu produk atau jasa.

Manfaat dari aplikasi ini sangat terasa bagi pihak-pihak yang ingin melakukan branding atau kampanye dari suatu produknya. Sebagai contoh, ada stasiun tv yang ingin meluncurkan suatu acara sinetron dengan topik “X”. Lalu, dengan aplikasi SX Index ini, stasiun tv tersebut dapat melihat apakah sinetron yang ditayangkan tersebut memiliki tanggapan yang positif atau negatif dari para tweeps. Karena SX Index dapat mengukur sentimen dari suatu tweet, maka stasiun tv dapat melihat berapa besar persentase positif dan negatif dari tweet yang membicarakan produk sinetronnya tersebut. Apabila tanggapan tersebut lebih banyak yang positif, maka stasiun tv tersebut dapat mempertahankan atau meningkatkan kualitas dari sinetron tersebut. Sebaliknya, stasiun tv harus berpikir ulang untuk mempertahakan atau memperpanjang sinetron tersebut jika ternyata tanggapan dari para tweeps cenderung negative.

Nah, menarik bukan? Jika Anda berminat untuk mencoba mencari tahu apakah produk Anda atau instansi Anda mendapat tanggapan positif dari konsumen atau tidak, ada baiknya untuk dicoba ^.^

 

reference

http://www.indonesiakreatif.net/index.php/id/news/read/1491

http://sibukforever.blogspot.com/2012/03/12-fakta-tentang-privasi-di-jejaring.html (link gambar)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s