CISC VS RISC

Oleh : Rifai Yukishiro

Suatu ketika saya mendapat kuliah Pengantar Organisasi Komputer di kampus. Salah satunya membahas tentang instruksi prosesor dari zaman pertama komputer mulai berkembang. Awal mula prosesor berkembang menggunakan instruksi CISC (Complex Instruction Set Computer) yang artinya semakin berkembangnya arsitektur prosesor, jumlah instruksi baru (dalam hal ini adalah instruksi standar yang dimodifikasi sesuai fungsi tertentu) semakin banyak ditambahkan.

Begitu seterusnya hingga tahun 90an. Namun di tengah perkembangan CISC, ada kalangan yang melakukan survei tentang instruksi-instruksi yang sering dipakai/diakses dalam prosesor. Dan hasil survei menyatakan bahwa hanya beberapa operasi standar saja yang sering dijalankan. Selebihnya, instruksi kompleks jarang dilakukan atau tidak pernah sama sekali. Maka dari itu, munculah teknologi RISC (Reduce Instruction Set Computer) dimana instruksi yang jarang dipakai akan dihilangkan. Pada awal kemunculannya, ketika prosesor CISC dan RISC dibandingkan, RISC lebih unggul dalam segi kecepatan dan performa. Hal itu karena RISC menghilangkan instruksi-instruksi yang tidak berguna sehingga kecepatan prosesor meningkat.

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan meskipun RISC memliki kelebihan di satu sisi.

Setelah beberapa tahun kemudian, di awal abad 21 muncul gagasan untuk mengadopsi CISC dan RISC secara bersamaan. Maksudnya, prosesor RISC dikembangkan dengan instruksi yang sederhana ditambah beberapa fungsi penting seperti yang terdapat pada CISC dengan tetap memperhatikan kecepatan prosesor.

Perbandingan performa CISC dan RISC tidak bisa hanyalah perbedaan cara kerja saja. Sampai saat ini, kita tidak bisa menentukan mana arsitertur yang lebih baik. Karena CISC dan RISC hanyalah sebatas metode atau cara kerja prosesor. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan meskipun RISC memliki kelebihan di satu sisi. CISC meskipun terkesan lebih lamban tapi untuk fungsi-fungsi khusus seperti komputasi industri, mekanika atau astronomi yang membutuhkan fungsi-fungsi yang tidak biasa, justru CISC lebih unggul daripada RISC. Sedangkan untuk kebutuhan rumahan (Home User), arsitektur RISC memang lebih direkomendasikan karena memiliki set instruksi yang sederhana.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s