Gunakan Free/Open Source Software Gratis Dalam Komputer Anda Agar Pekerjaan Menjadi Lebih Berkah :)

Oleh : Fikrul Arif Nadra

Apakah Anda yakin software-software yang ada pada komputer Anda benar-benar asli? Apakah Anda yakin Anda tidak melanggar hak kekayaan intelektual dari si pembuat software tersebut? Coba lihat sistem operasi Anda, apakah Anda ‘membelinya dengan cara yang benar’? Coba lihat aplikasi pembuat dokumen Anda, apakah Anda juga ‘membelinya dengan cara yang benar’?

Jika iya, maka itu tidak masalah bagi Anda. Jika tidak tahu tentang membeli yang benar itu seperti apa? Maka Anda perlu membaca beberapa bagian berikut ini. Namun, jika tidak, maka Anda dalam suatu masalah yang sangat besar.

Membeli dengan cara yang benar
Ada beberapa software yang tidak bisa kita gunakan secara bebas, karena si pembuat software tersebut tidak berkenan untuk memberikannya kepada khalayak luas dengan cuma-cuma. Mereka memungut biaya kepada pengguna agar software tersebut dapat digunakan secara benar. Hal ini adalah hak bagi seorang pembuat software. Tak jarang si pembuat software tersebut memungut biaya yang besar bagi pengguna software mereka. Tentu saya hal ini tidak disukai oleh kalangan menengah yang ingin menggunakan software tersebut, tetapi memiliki keterbatasan biaya untuk membelinya. Kemudian, ada beberapa orang yang berinisiatif untuk melakukan daya dan upaya agar dapat menggunakan software tersebut dengan biaya yang lebih rendah (tidak membelinya). Hal ini sering disebut dengan cracking (memalsukan serial id unik yang biasa didapatkan dengan membeli software tersebut). Tentunya hal ini merupakan salah satu pelanggaran hak kekayaan intelektual. Jika kita menggunakan software hasil cracking tersebut, kita ikut membantu pelanggaran hak kekayaan intelektual teresebut. Hasil pekerjaan kita yang menggunakan software tersebut tentunya menjadi tidak berkah.

Menghindari perbuatan yang melanggar hak kekayaan intelektual
Cara yang paling bisa diimplementasikan untuk menghindari cracking tersebut adalah menggunakan software yang free/open source. Konsep dari software yang free/open source adalah sebuah software yang terbuka dari sisi kode programnya. Kode program software ini dapat dilihat oleh khalayak luas dengan bebas. Free/open source software ini ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. Fokus kita kali ini adalah free/open source software yang gratis. Dengan adanya free/open source software yang gratis ini, kita dapat menggunakan software-software secara cuma-cuma tanpa membayar sepeser pun. Karena dari pembuat software tersebut tidak memungut biaya bagi pengguna software yang dibuatnya.

Oleh karena itu, gunakanlah free/open source software gratis agar pekerjaan kita lebih berkah.🙂

Berikut daftar-daftar alternatif free/open source software gratis pengganti software berbayar yang sering kita gunakan:

  1. Sistem Operasi: GNU/Linux (Ubuntu, LinuxMint, Fedora, openSUSE, dll).
  2. Word processing: LibreOffice
  3. Movie player: VLC Media Player
  4. Music player: Rythmbox, Banshee

One thought on “Gunakan Free/Open Source Software Gratis Dalam Komputer Anda Agar Pekerjaan Menjadi Lebih Berkah :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s