Berkenalan dengan LaTeX

Oleh : Fikrul Arif Nadra

Apa itu LaTeX? LaTeX merupakan sebuah document markup language yang memudahkan kita dalam menulis sebuah dokumen. Dengan menggunakan LaTeX, kita dapat membuat dokumen yang lebih rapi dan terstruktur. Penulisan persamaan-persamaan matematis juga dapat ditulis dengan lebih mudah. Berbeda dengan word processor lainnya yang mengharuskan kita klik sana klik sini untuk mengatur format tulisan, LaTeX memungkinkan kita membuat template tulisan yang tentunya akan menghemat waktu. LaTeX biasanya digunakan untuk menulis paper ilmiah, skripsi, ataupun buku. Yuk, berkenalan dengan LaTeX!

Tutorial ini membahas installasi LaTeX, penggunaan beberapa syntax dasar LaTeX, serta bagaimana menulis dokumen sederhana dan menampilkannya dalam bentuk pdf.


Persiapan

Untuk dapat membuat dokumen menggunakan LaTeX, kita perlu meng-install LaTeX compiler di komputer kita. Compiler LaTeX dapat di download di halaman ini.

Dokumen LaTeX dapat dibuat menggunakan editor apa saja, seperti notepad, wordpad, vi, dan lain-lain. Tapi pada tutorial ini, digunakan editor TexMaker. Kenapa? Karena di editor ini sudah ada banyak fitur yang memudahkan pembuatan dokumen dalam bentuk LaTeX. Selain itu di  TexMaker sudah ada fitur “quick build” sehingga untuk melihat file yang dihasilkan, kita tidak perlu meng-compile source .Tex secara manual. Silakan download TexMaker di halaman ini.

Setelah semuanya terinstall, kita dapat mulai membuat dokumen dengan LaTeX. Untuk mulai mengetik dokumen di TexMaker, klik file -> new atau klik icon new file di pojok kiri atas.

Menulis Dokumen Sederhana

Struktur dokumen pada LaTeX selalu dimulai dengan \document{jenisdokumen}, \begin{document}, dan diakhiri dengan \end{document}. Contoh simpelnya adalah sebagai berikut:

[sourcecode language="text"]
\documentclass{article}
\begin{document}
Selamat belajar LaTeX!
\end{document}
[/sourcecode]Coba ketikkan kode di atas di editor TexMaker, kemudian klik icon quick build. maka akan muncul sebuah dokumen pdf yang berisi tulisan "Selamat belajar LaTeX!". Dokumen pdf tersebut bisa ditemukan di folder tempat source .TeX dibuat.

Selanjutnya, kita akan mencoba membuat dokumen berupa sebuah bab yang terdiri dari beberapa sub bab. Dalam LaTeX, kita bisa membuat bab atau subbab dengan syntax \section dan \subsection. Contohnya seperti berikut:

\documentclass{article}
\begin{document}
\section{Berkenalan dengan LaTeX}
Selamat belajar LaTeX!
\subsection{Apa itu LaTeX?}
LaTeX itu ya ini!
\end{document}

Selain itu, kita juga bisa membuat tabel, memasukkan gambar, dan persamaan matematis. Akan dibahas di tutorial selanjutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s