Be warn when copy and paste

Oleh : Rifai Yukishiro

Terkadang sebagai seorang programmer kita sering sekali melakukan Copy and Paste pada source code kita. Biasanya untuk menyingkat waktu karena kita tidak perlu mengetik ulang barisan kodenya. Atau bahkan mungkin untuk menyederhanakan program kita ketika kita akan membuatnya sebagai subrutin.

(image : http://hengkidh.web.id/2010/07/10/budayakan-blogging-dengan-karya-sendiri/)

copy_paste

Atau mungkin ketika belajar sebuah algoritma, misalnya Tree Sorting kita mengambil begitu saja potongan program yang ada pada lembar tutorial dan dipasang ke dalam code kita.

Ini yang perlu diperhatikan, karena suatu barisan program tertentu mungkin belum cocok dengan code-code yang sudah kita buat sebelumnya. Mungkin ada baiknya sebelum kita mengambil sebuah potongan fungsi / subrutin, analisa terlebih dahulu alur program dan maksud setiap barisnya agar selanjutnya bisa kita modifikasi sesuai kebutuhan.. Karena mungkin di dalam blok code tersebut ada sesuatu yang tak terduga yang tiba-tiba merubah jalannya program kita.

Di lain hal, ketika kita mengkopi barisan-barisan kode baik dari code kita sebelumnya atau mengambil dari luar. Kita melupakan kondisi sebelum dan sesudah kode (ringkasnya mungkin inisialisasi). Jadinya, ketika potongan program itu sudah dipasang malah terjadi malfungsi atau error.

Beda dengan potongan program yang berbasis OOP, sehingga cukup mengetahui parameter-parameter inputnya dan juga return valuenya. Karena kita yakin bahwa potongan program itu sudah valid dari authornya.

Kasus lain juga terjadi pada sripting markup language seperti HTML ataupun XML. Ketika menambahkan element hasil copy paste jadinya layout semula jadi berantakan.

So, sebaiknya analisa terlebih dahulu dan pahami code yang ingin kita copy paste.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s